Breaking News

Anggota Dewan Sapuan Ansori Tidak Setuju Aksi Anarkis Demo Batu Bara di Kantor Gubernur

Jambi - Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Batanghari, Sapuan Ansori mengaku tidak setuju dengan aksi anarkis demo para sopir batu bara di Kantor Gubernur belum lama ini.

Mulanya, mantan Kepala Desa (Kades) Mersam itu menyesalkan tindakan anarkir para pendemo yang sampai merusak fasilitas negara, dalam aksi unjuk rasa yang dilakukan di kantor gubernur belum lama ini.

"Pelaku anarkis dalam demo batu bara kemaren hingga ado pengrusakan, kito dk setuju. Karena yang dirusak itu adalah fasilitas negara, aset pemerintah semua,"kata Sapuan, Rabu (24/01/2024).

Selain itu, ia juga mendukung kebijakan yang diambil pemerintah untuk menghentikan kegiatan batu bara di jalan nasional, hingga selesai pemilu dan jalan khusus dibuat.

"Masalah penghentian jelang Pemilu ini kito setuju lah, tapi solusi terbaiknyo harus ado. Jadi sopir ni masih bisa hidup walau sedikit," ujarnya.

Pun demikian, menginginkan ada solusi yang kongkrit dari Pemprov Jambi, untuk para sopir batu bara yang sudah berapa hari ini tidak lagi bekerja mengngkut batu bara.

Dirinya khawatir akan nasib para sopir ini akan di PHK oleh perusahaan, karena tidak lagi melakukan aktivitas pengangkutan tambang batu bara karena kebijakan tersebut.

"Kita mendukung kebijakan gubernur, tapi disebalik itu gubernur juga harus memikirkan nasib masyarakat ini. Baikkah sopir atau pun seperangkat yang bekerja di perusahaan tambang, yang bentar lagi akan di PHK akibat kebijakan gubernur yang tanpa solusi." terangnya.

Ditambah lagi perekonomian para sopir akibat dihentikannya aktivi batu bara melalui jalan nasional tersebut, yang membuat para sopir kehilangan pekerjaan dan pemasukan.

"Pemerintah harus memikirkan juga solusi terbaik bagi sopir. Karena masyarakat kkta ada yang mobil masih kredit, tanggungjawab pinjaman terjadap orang. Itu harus dipikirka juga," tegasnya.

Oleh karena itu, sebagai perwakilan masyarakat Batanghari, Sapuan meminta langkah kongkrit dari Pemprov Jambi agar dapat memberikan solusi bagaimana nasib para sopir tersebut kedepan.

"Sekarang ini yang diminta dengan pak gubernur langkah kongkrit untuk mengatasi itu, jangan terjadi perpecahan diantara masyarakat. Jangan seolah-olah kito sebagai pemerintah ini tidak mencari solusi, atas kebijakan yang dibuat. Kita mencari solusi, bukan membunuh masyarakat ataupun menekan masyarakat," tuturnya.

Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Batanghari-Muaro Jambi itu berharap, gubernur bisa mencari solusi dalam jangka panjang untuk para sopir tersebut. 

"Kabarnya pemerintah Provinsi Jambi mau kasih Bantuan Langsung Tunai kepada sopir, kalau BLT itu bentuknya hanya sementara. Kalau urusan perut dak telap di BLT dak, seminggu habis." Tandasnya sedikit menggunakan bahasa daerah.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Media Online Pantaujambi.com